PENGGALIAN KAIDAH MULTILEVEL ASSOCIATION RULE DARI DATA MART SWALAYAN ASGAP

Teguh Pradana

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, termasuk penggunaannya di sektor pemasaran. Namun pada umumnya digunakan sebatas penyimpanan data yang hanya digunakan untuk pencatatan transaksi dan mengolah data transaksi tersebut untuk pembuatan laporan pembelian atau penjualan perusahaan. Bagi penjualan yang hanya menjual beberapa jenis produk atau toko-toko kecil, laporan seperti itu mungkin cukup bagi pemilik untuk melakukan analisis pada pasar dan mengambil keputusan.
Hal ini dapat berpengaruh dalam penjualan suatu jenis produk tertentu, tetapi karena banyaknya data yang harus diolah, informasi tersebut menjadi bias atau bahkan tidak akan ditemukan jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, perusahaan seperti ini perlu menggunakan konsep data mining dengan market basket analysis untuk mengetahui buying habits dari konsumen sehingga dapat membantu pengambilan keputusan. Dengan menggunakan data mart yang ada dapat dijadikan sebagai pendukung untuk diolah dengan menggunakan teknik-teknik yang ada pada data mining.
Multi level association rule bisa memberikan aturan asosiasi pada tingkatan yang berbeda, yang menggunakan data mart yang memiliki data multi dimensi, sehingga dapat memberikan informasi pada tingakatan yang berbeda.


Keywords: Multilevel Association Rule

 


References


Yinbo WAN, Yong LIANG, Liya DING. “Mining Association Rules From Primitive Frequent Itemset”. Vol. 3 No. 1. June 30, 2009.

Virendra Kumar Shrivastava, Parveen Kumar, K. R. Pardasani. “Discovery of Multi-level Association Rules from Primitive Level Frequent Patterns Tree”. Vol. 3 No. 1, July 2010 (ISSN 0974-3375).

Berlin Chen (2006). “Association Rules”.

Pratima Gautam, Dr. K. R. Pardasani. “Algorithm for Efficient Multilevel Association Rule Mining”. Vol. 02, No. 05, 2010, 1700-1704.

Scott Fortin, Ling Liu. “An Object-Oriented Approach to Multi-Level Association Rule Mining




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v7i2.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Spirit




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.