PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA DALAM DUNIA PENDIDIKAN SISWA MENENGAH PERTAMA
Abstract
Literasi Matematika adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks masalah kehidupan sehari-hari secara efisien. Berdasarkan hasil PISA 2015, kemampuan siswa Indonesia dalam matematika dan membaca masih rendah dibandingkan dengan negara lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi sebagai peningkatan literasi matematika dalam dunia pendidikan pada siswa menengah pertama di SMP ICM. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 8 SMP di Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes tertulis dan wawancara. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang kemudian diolah menggunakan SPSS 25, dan Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan literasi matematika siswa di SMP ICM. Faktor-faktor seperti aksesibilitas teknologi informasi dan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi informasi juga mempengaruhi hasil penelitian. Oleh karena itu, penggunaan teknologi informasi harus ditingkatkan dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan literasi matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDF Hal 143 - 152References
F. Annisa Indrawati, “Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2,†PRISMA, vol. 2, pp. 247–267, 2019, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
J. De Lange, “MATHEMATICAL LITERACY FOR LIVING FROM OECD-PISA PERSPECTIVE,†Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 2006.
OECD, Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Balitbang Kemendikbud, 2019.
L. Hewi and M. Shaleh, “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini),†Jurnal Golden Age, vol. 04, no. 1, pp. 30–41, 2020.
D. Y. Madyaratri, W. Wardono, and A. P. B. Prasetyo, “Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA,†Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 2, pp. 648–658, 2019, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
S. Sumarni, N. Adiastuty, M. Riyadi, D. K. Nisa, A. M. Restu, and I. T. Lestari, “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENGERJAKAN SOAL PISA UNCERTAINTY AND DATA CONTENT,†AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 1, p. 725, Mar. 2023, doi: 10.24127/ajpm.v12i1.6426.
A. Asmara, S. B. Waluya, and Rochmad, “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA,†Scholaria, vol. 7, no. 2, pp. 135–142, 2017.
B. D. Prasetya, I. Ainurrohmah, and I. H. Aisyah, “STUDI LITERATUR: KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING),†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, vol. 4, pp. 291–298, 2022.
S. Lindawati SMA Negeri, “LITERASI MATEMATIKA DALAM PROSES BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS,†PRINSIP Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, 2018.
B. M. Larasaty, Mustiani, and H. S. Pratini, Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smp Bopkri 3 Yogyakarta Melalui Pendekatan Pmri Berbasis Pisa Pada Materi POKOK SPLDV. 2018.
H. Muslimah and H. Pujiastuti, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita,†Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, vol. 8, no. 1, pp. 36–43, Apr. 2021, doi: 10.21831/jpms.v8i1.30000.
H. P. I. Wijaya, I. Sujadi, and Riyadi, “KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SESUAI DENGAN GENDER DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BALOK DAN KUBUS (STUDI KASUS PADA SISWA SMP KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 29 SEMARANG),†Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 4, no. 9, pp. 778–788, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.uns.ac.id
M. Fetters, L. Curry, and J. Creswell, “Achieving Integration in Mixed Methods Designs-Principles and Practices,†Health Serv Res, vol. 48, pp. 2134–2156, Nov. 2013, doi: 10.1111/1475-6773.12117.
E. Auld, J. Rappleye, and P. Morris, “PISA For development: how the OECD and World Bank shaped education governance post-2015,†Comp Educ, vol. 55, pp. 1–23, Nov. 2018, doi: 10.1080/03050068.2018.1538635.
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v15i2.316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Norma Devi Kurniasari, Anis Shobikhah, Gaguk Triono, Trian Basofi Rohman, Nike Nur Amelia, Tamara Ajwa S
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Diindeks Oleh:
SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini
Diterbitkan oleh Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070 , Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Disini
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi 4.0 .