RANCANG BANGUN APLIKASI ENSIKLOPEDIA KUCING BERBASIS ANDROID

Abdul Rokhim

Abstract


Teknologi seluler, merupakan teknologi yang berkembang dengan pesat pada era globalisasi saat ini yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia , termasuk berkembangnya smartphone dengan berbagai system operasi. Salah satu system operasi yang banyak digunakan adalah android. Kelebihan android dari system operasinya adalah tampilan yang menarik dan mudah digunakan untuk semua golongan. Salah satunya memberi pengetahuan masyarakat mengenai jenis-jenis kucing yang ada di dunia, karena banyak masyarakat hanya mengetahui beberapa jenis kucing saja. Padahal jika kita mengetahui banyak jenis kucing dapat membantu kita dalam memilih jenis kucing apa yang cocok untuk kita peliahara.

Pada penelitian ini membahas bagaimana merancang dan membangun aplikasi ensiklopedia kucing dengan pada sistem operasi android, aplikasi ini juga memuat beberapa bagian informasi meliputi detail, ciri-ciri fisik dan keterangan dari jenis kucing. Aplikasi ini dilengkapi dengan video singkat jenis kucing untuk melihat visualisasi dari jenis kucing. Aplikasi ini dapat digunakan oleh semua kalangan dan semua umur yang dapat menggunakan android.

 

Kata Kunci : Ensiklopedia, Kucing, Android.


References


Febianto, Angga. (2016), Aplikasi Ensiklopedia Hewan Mamalia Berbasis Android, Akademi Komunitas Negeri Lamongan, Lamongan.

Irfansyah, Juki (2018) “JIEET: Volume 01 Nomor 012017 (Journal Information Engineering and Educational Technology)”

Google Developer team Training 2016, Android Developer Fundamentals.

Lusiana, Ferina Intan. (2016), Aplikasi Ensiklopedia Tumbuhan Berbasis Android, Akademi Komunitas Negeri Lamongan, Lamongan.

Wahyudi, Andri (2012). Perancangan Aplikasi Ensiklopedia Pengenalan Hewan dan Habitatnya Menggunakan Macromedia.

Farndon, John & John Kirkwood. (2004). Ensiklopedia Mini Hewan. Jakarta : Erlangga. Hermawan, Stephanus. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogya : Andi Offset Irawan, 2012. Membuat aplikasi Android Untuk Orang Awam, Palembang: Maxikom

Suprianto, Dodit & Rini Agustina, S.Kom. M.Pd. 2012. Pemrograman Aplikasi Android (Step by step Membuat Aplikasi Android untuk Smartphone dan Tablet), Yogyakarta: Mediacom

Pollard, Michael. (2008), The Encyclopedia of the Cats, Dorling Kindersley, London.




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v11i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal SPIRIT




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.