SISTEM INFORMASI PRESENSI REALTIME DENGAN MENGGUNAKAN FINGERPRINT DAN SMS GATEWAY DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN MADURA

Ubaidi ., Nindian Puspa Dewi

Abstract


Abstract : Fingerprint adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi sidik jari. Telah banyak instansi baik bidang pemerintahan maupun pendidikan yang memanfaatkan alat ini untuk sistem presensi. Dengan menggunaan fingerprint dapat memberikan kemudahan dalam presensi kehadiran dan dapat menghindari adanya manipulasi data presensi. Sistem informasi presensi dalam penelitin ini mengunakan fingerprint yang terhubung dengan sistem untuk membaca dan menampilkan secara realtime presensi guru mengajar di PP. Al-Amien Prenduan Sumenep. Data presensi guru akan ditampilkan dalam layar sehingga dapat dilihat oleh semua pihak di sekolah. Sehingga dapat memonitoring presensi guru dengan mengirimkan data guru yang terlambat atau tidak hadir mengajar kepada Kepala Sekolah dengan menggunakan SMS Gateway. Hal ini dapat membantu pihak PP. Al-Amien Prenduan untuk merekap data presensi guru serta  meningkatkan kedisiplinan guru untuk selalu mengajar tepat waktu. Selain itu, monitoring kehadiran guru menggunakan sidik jari merupakan salah satu pendekatan yang ditempuh dalam rangka meningkatkan performa guru dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci  : Sidik Jari, Presensi, Sistem Informasi, SMS Gateway, Monitoring


References


Junaidi, L. Anugrah, dan A. D. Pancasakti, “Model Aplikasi Monitoring Sistem Presensi Sidik Jari Sebagai Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai,” Konferensi Nasional Sistem dan Informasi, pp.9–10, 2015.

H. Jusuf, A. Azimah, dan Winarsih, “Pengembangan Aplikasi Sistem Presensi Dosen dengan Menggunakan Fingerprint (Sidik Jari Digital) di Universitas Nasional,” Rekayasa Teknol. J., vol. 5, no. 1, pp. 3–8, 2013.

M. Akbar dan I. Effendy, “Implementasi Aplikasi Kehadiran Perkuliahan Dikelas Menggunakan Pembaca RFID Pada e-KTP” Jurnal Informatika Jurnal Pengembangan IT, vol. 3, no. 1, pp. 31–35, 2017.

N. A. Muhammad, F. Samopa, and R. P. Wibowo, “Pembuatan Aplikasi Presensi Perkuliahan Berbasis Fingerprint (Studi Kasus Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya)” Jurnal Teknik POMITS, vol. 2, no. 3, 2013.

Putra, Darma Setiawan, and Ami Fauzijah, “Perancangan Aplikasi Presensi Dosen Realtime Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Menggunakan Fingerprint Berbasis Web” Jurnal Informatika Jurnal Pengembangan IT, vol. 3, no. 2, pp.167–171, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v10i2.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal SPIRIT




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.