DETEKSI HELM PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE YOLO SECARA REALTIME
Abstract
Helm adalah salah satu perlengkapan wajib yang dikenakan pengendara sepeda motor, helm berguna melindungi kepala dari benturan yang mungkin saja bisa terjadi pada pengendara sepeda motor. Semakin maraknya pelanggar lalu lintas terutama pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan pemantauannya secara manual langsung ke jalan, semakin dirasakan kebutuhan adanya sistem otomatis yang digunakan untuk memantau agar lebih mudah dan cepat. Dikarenakan masalah tersebut, maka didalam Tugas Akhir ini tergagaslah sebuah sistem untuk mengklasifikasi penggunaan helm menggunakan webcam. Sistem ini dibangun menggunakan metode YOLO (You Only Look Once) untuk pengenalan objek pengendara motor dan penggunaan helm pada pengguna sepeda motor secara realtime dengan bantuan library OpenCV. Sebelum proses deteksi, dibutuhkan pengumpulan dataset untuk anotasi/labeling dan ditraining menggunakan YOLOv4-Tiny. Dalam tahap pengujian, sistem ini nantinya akan mendeteksi objek yang ada di jalan menggunakan webcam, objek itu nantinya akan dicocokkan dengan data training yang sudah disiapkan, kalau nantinya objek yang dideteksi memiliki kecocokan dengan hasil training, maka objek akan menampilkan label serta keterangannya.
Keywords
Full Text:
PDF hlm 148 - 157References
De Pontes, R. G., Gomes, H. M., & Seabra, I. S. R. (2022). Particle swarm optimization for Procedural Content Generation in an endless platform game. Entertainment Computing, 43, 100496.
De Pontes, R. G., Oliveira, T., & Silva, M. (2022). Optimizing Procedural Content Generation for Android Games: Balancing Performance and Visual Quality. Journal of Mobile Game Development, 10(1), 45-61.
Etherington, T. R. (2022). Perlin noise as a hierarchical neutral landscape model. Web Ecology, 22(1), 1-6.
Fernández Galeote, D., & Hamari, J. (2021). Game-based climate change engagement: analyzing the potential of entertainment and serious games. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 5(CHI PLAY), 1-21.
Fernández, L., & Smiley, R. (2023). Advanced Terrain Generation Techniques for Game Development. Journal of Visual Computing.
Gonzalez, T., & Williams, S. (2024). The Importance of Procedural Terrain Generation in Modern Game Development. Journal of Game Technology.
Haryanto, M. (2024). Integrasi Sistem Kontrol Versi dengan Visual Studio Code. Jurnal Teknologi Informasi, 18(1), 22-30.
Hart, J., & Kuck, C. (2020). Procedural Generation: An Overview of Techniques and Applications. Computer Graphics Journal.
Irawan, A., Nugroho, F., & Prasetya, R. (2022). Pengembangan Game dengan Unity: Tantangan dan Peluang. Jurnal Teknologi Informasi, 14(2), 89-105.
Jones, M., & Taylor, S. (2020). Physics Simulations in Unity: Creating Realistic Interactions in Games. Journal of Visual Computing.
Klaus, K., & Moore, J. (2022). Noise-Based Terrain Generation: Techniques and Challenges. International Journal of Computer Graphics.
Klein, R. (2022). The Asset Store: Leveraging Ready-Made Assets for Game Development in Unity. Journal of Game Technology.
Le, T. (2023). Procedural Terrain Generation Using Perlin Noise.
Liu, J., Snodgrass, S., Khalifa, A., Risi, S., Yannakakis, G. N., & Togelius, J. (2021). Deep learning for Procedural Content Generation. Neural Computing and Applications, 33(1), 19-37.
Liu, J., Wang, H., & Zhang, T. (2021). Procedural Content Generation in Game Development: Enhancing Replayability and Personalization. Journal of Game Design and Development, 12(3), 59-74.
Lugata, D. B. F., Selviana, R., & Alimin (2023). Implementasi Generate Map dan Pemunculan Objek secara Acak pada Game 3D menggunakan Bahasa C# dan Metode Perlin Noise di Unity: Studi Kasus pada Game Development. SPIRIT, 15(1).
Macklin, A. (2021). Creating Realistic 3D Terrain in Game Development. Journal of Game Design.
Martinez, P., & Wang, T. (2024). The Importance of Community in Unity Game Development. Journal of Game Innovation.
Suparman, S. (2021). Optimasi Performa Game pada Platform Android dengan Menggunakan Android NDK. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 13(2), 123-134.
Riyadi, S. (2023). APLIKASI PC SMART ORDER by CUSTOM PADA TOKO KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE LINEAR SEQUENTIAL SEARCH. SPIRIT, 14(2).
Watkins, R. (2016). Procedural Content Generation for Unity Game Development. Packt Publishing Ltd.
Watkins, R. (2016). Procedural Content Generation in Unity: Techniques and Applications. Computer Graphics Journal.
Zhao, H., & Liu, J. (2021). Dynamic Terrain Generation: A New Approach to Interactive Environments. Journal of Interactive Media
DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v17i2.412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Bayu Charisma Putra, Muhammad Ilhamul Khoir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diindeks Oleh:
SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini
Diterbitkan oleh Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070 , Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Disini

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi 4.0 .






1.png)







