IMPLEMENTASI BISNIS INTELIJEN DATAWAREHOUSE MENGGUNAKAN VISUALISASI TABLEAU DESKTOP : UPAYA PENINGKATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Agung Santoso, Bayu Charisma Putra, Yulius Fransiskus Wero

Abstract


Statistik mahasiswa UMAHA tahun 2023 yang dikelompokan alumni YPM dan non alumni. Alumni YPM yang kuliah di UMAHA sejumlah 15% dari total mahasiswa baru berjumlah 480. Padahal setiap tahun lulusan dari sekolah YPM baik dari SMA maupun SMK berjumlah 2.500 siswa, yang masuk UMAHA hanya sekitar 72 siswa atau 2,8% dari total alumni. Penelitian ini bertujuan untuk mencari peluang peningkatan lebih banyak lagi alumni YPM yang terserap menjadi mahasiswa UMAHA Penelitian diawali dengan proses pengumpulan data lulusan alumni sekolah SMA, SMK YPM tahun 2024. Datawarehouse dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan,mengelola, dan mengintegrasikan data. Tujuan utama adalah untuk memberikan wawasan bisnis yang lebih baik melalui analisa data yang mendalam dan komprehensif.Datawarehouse berperan sebagai gudang data yang terintegrasi, sehingga menjadi sumber data yang ideal untuk proses data mining.Unjuk kerja bisnis intelijen  berfungsi untuk menganalisa data, informasi dan pengetahuan menggunakan machine learning dengan algoritma K-means clustering yang merupakan salah satu metode data clustering non-hirarki yang mengelompokan data dalam bentuk klaster. Data-data yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokan dalam satu kelompok dan data yang memiliki karakteristik yang berbeda dikelompokan dengan cluster yang lain.Visualisai sistem bisnis intelijen  menggunakan aplikasi Tableau Desktop dengan dashboard report sehingga strategi PMB dalam mengambil keputusan lebih baik dan akurat


Keywords


Datawarehouse, Data_Mining, Bisnis_Intelijen, K-Means, Tableau_Desktop

Full Text:

PDF hlm 74 - 85

References


A. Z. M. Ashraff Rizky Setyawan1, Achmad Fauzi2, Triana Yuniati3, Z. H. M. Melani Putri Anggraini5, J. W. Virgiyanti7, and A. F. K. Muis, “PERAN BIG DATA DALAM INTELLIGENCE BUSINESS PADA PERKEMBANGAN E-COMMERCE,” SENTRI J. Ris. Ilm., vol. 3, no. 6, pp. 2728–2740, 2024, [Online]. Available: https://www.google.com/search?q=bisnis+intelijen+manfaat+%22jurnal%22&sca_esv=55be52598c2605ca&rlz=1C1UEAD_enID1048ID1048&ei=IoYxaJmzOe-r4-EPr-z8wA8&ved=0ahUKEwiZzIro2ruNAxXv1TgGHS82H_gQ4dUDCBA&uact=5&oq=bisnis+intelijen+manfaat+%22jurnal%22&gs_lp=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&sclient=gws-wiz-serp

T. Nuryati et al., “Meningkatkan Keuntungan Bisnis dengan Pemanfaatan Fungsi Bussiness Inteligence,” JEMSI J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 5, pp. 901–910, 2023.

S. Alviana and B. Kurniawan, “Analisis Data Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk Meningkatkan Potensi Pemasaran Universitas Menggunakan Business Intelligence (Studi Kasus Universitas XYZ),” Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., vol. 4, no. 1, p. 10, 2019, doi: 10.32897/infotronik.2019.4.1.170.

A. Fauziah, A. Fauzi, A. S. Oktarini, and A. Wicaksono, “Peran dan Fungsi Arsitektur Intelijen Bisnis Terhadap Pengambilan Keputusan Bisnis,” Fortofolio J. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 91–105, 2024.

I. Kurniawati, R. E. Indrajit, and M. Fauzi, “Peran Bussines Intelligence Dalam Menentukan Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru,” vol. 1, no. 2, pp. 70–79, 2017, [Online]. Available: https://e-learning.umaha.ac.id/course/view.php?id=2572#section-1

L. Hasim, “Penerapan Business Intelligence Pada Manajemen Dashboard Report Perusahaan Asuransi,” J. Ilm. Indones., pp. 123–136, 2019.

D. S. Satya Arisena Hendrawan, “Pemanfaatan Dashboard Business Intelligence untuk Laporan Penjualan pada Superstore,” TEKINFO, Vol. 23, No. 1, April 2022, vol. 23, no. 1, pp. 3264–3268, 2017, doi: 10.1093/oseo/instance.00208803.

A. Santoso; T. Prada, “Penggalian Kaidah Multilevel Association Rule Dari Data Mart Swalayan Asgap,” IDeaTech II, vol. 7, no. 2, pp. 67–75, 2015, [Online]. Available: https://ideatech.stts.edu/proceeding2015/

K. Khotimah and Sriyanto, “Perancangan Dan Implementasi Data Warehouse Untuk Mendukung Sistem Akademik (Studi Kasus Pada STKIP Muhammadiyah Kotabumi),” J. Teknol. Inf. Magister Darmajaya, vol. 2, no. 01, pp. 94–107, 2016.

I. Fiqrunnisa, K. M. M. K, A. F. Zamza, and C. Budy, “Perancangan Data Warehouse dan Implementasi Tableau Untuk Analisis Data Pelanggan Dalam E-Commerce Uniqlo,” no. November 2024.

M. F. Amalia and D. B. Arianto, “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DALAM KLASTERISASI KABUPATEN / KOTA PROVINSI JAWA BARAT BERDASARKAN FAKTOR PEMICU STUNTING PADA BALITA,” vol. 9, no. 1, pp. 36–46, 2024.

J. O. Ong, “Implementasi Algotritma K-means clustering untuk menentukan strategi marketing president university,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. vol.12, no, no. juni, pp. 10–20, 2013.

D. Y. Muharrom, N. Panjaitan, and P. Amara, “ANALISIS PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DATA WAREHOUSE Jurnal Sains dan Teknologi Widyaloka,” J. Sains dan Teknol. Widyaloka, vol. 3, pp. 115–120, 2024.

P. Meilina, “Penerapan Data Mining dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Decision Tree dan Regresi,” J. Teknol. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 7, no. 1, pp. 11–20, 2015, [Online]. Available: jurnal.ftumj.ac.id/index.php/jurtek

J. Ilmiah and W. Pendidikan, “Metode K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Penjualan Produk Frozen Food Tifani Amalina 1 , Danendra Bima Adhi Pramana 2 , Betha Nurina Sari 3 Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. September, pp. 574–583, 2022.

R. Hidayat and M. Ikaningtyas, “PERENCANAAN DAN STRATEGI BISNIS YANG EFEKTIF DALAM ERA DIGITAL MENGHADAPI TANTANGAN BISNIS MODERN,” vol. 8, no. 3, pp. 42–50, 2024.

S. Anugerah, “Perancangan Dashboard Visualisasi Data Komoditas Pasar Balikpapan dengan Tableau,” vol. 12, no. 1, 2024.

D. Triyanto, M. Sholeh, and F. N. Hasan, “Implementasi Business Intelligence Menggunakan Tableau Untuk Visualisasi Data Dampak Bencana Banjir di Indonesia,” vol. 3, no. 6, pp. 586–594, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.769.

A. Mubarok, N. T. Aprilia, and S. Susanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Google-Forms Sebagai Media Survey Online Menggunakan Delone & Mclean,” J. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 192–198, 2020, doi: 10.31294/ji.v7i2.7967.

N. Wakhidah, “Clustering Menggunakan K-Means Algorithm ( K-Means Algorithm Clustering ),” Fak. Teknol. Inf., vol. 21, no. 1, pp. 70–80, 2014.

F. I. Komputer, P. Magister, T. Informatika, U. Dian, S. S. Error, and D. B. Index, “Penentuan Centroid Awal Pada Algoritma K-Means Dengan Dynamic Artificial Chromosomes Genetic Algorithm Untuk Tuberculosis Dataset,” vol. 20, no. 1, pp. 97–108, 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v17i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Agung Santoso, Dwi Lesno Panglipursari, Abu Amar Fikri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

Diindeks Oleh:



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini

Diterbitkan oleh Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070 , Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps :  Klik Disini


 Creative Commons License
Karya ini dilisensikan di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi 4.0 .