IMPLEMENTASI MATERIAL REQUIREMENT PLANNING UNTUK MENENTUKAN KAPASITAS PRODUKSI CV.BERKAT GANDA SEJAHTERA

Abdul Rokhim, Dwi Putri Khusnul Khotimah

Sari


Pada saat ini sistem informasi di perusahaan CV.Berkat Ganda Sejahtera masih sangat manual, perusahaan memiliki permintaan akan bahan baku yang tergantung pada rencana produksi untuk produk akhir. Untuk merencanakan produksi dapat ditentukan perencanaan berapa banyak bahan baku yang akan dibutuhkan setiap periode mendatang, Tidak ada kendala dengan bahan baku yang dibutuhkan dan menghindari kekurangan dan kelebihan bahan baku yang tidak diharapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang bermanfaat untuk membantu PPIC untuk memantau, mengontrol, mengelola rencana pembelian dan memberikan keputusan untuk bahan baku. Sistem informasi ini memanfaatkan WEB sebagai media akses dan menggunakan metode Material Requirement Planning (MRP) tipe 2 yaitu sistem informasi yang digunakan untuk mengendalikan dan merencanakan persediaan serta kapasitas perusahaan..

Keywords : ppic( Planning Production inventory control) ,Material Requirement Planning, MRP 2.

Teks Lengkap:

pdf

Referensi


Dwiningsih, Nurhidayati, 2000. Material Requirement Planning dan Just In Time,STEKPI: Jakarta.

Subianto, Mochammad, 2009. Sistem Informasi Production Planning And Inventory Control Dengan Metode MRP, Surabaya.

Siregar, B. Narumondang, 2000. Perancangan Kabutuhan Material (Material Requirement Planning) Berdasarkan Sistem Industri Modern dengan Pendekatan Sistem MRP II, Sumatra.

Riyanto, Fendi, 2009. analisis kebutuhan bahan baku cor beton dengan metode material requirement planning (mrp) pada pt. jaya readymix solo, Surakarta.

Hastuti, Puji, 2008. analisis kebijakan perusahaan dalam pengendalian persediaan bahan baku di pt x, Bogor.

Lestiana, Yuli, 2008. Faktor-faktor Kritis dalam Penerapan Material Requirement Planning, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.:(LPPM):. STMIK YADIKA Bangil