PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK ANAK BALITA PADA SISTEM OPERASI ANDROID

Abdul Rokhim, Nurul Fuad

Abstract


Pemanfaatan ponsel saat ini tidak hanya sarana komunikasi yang biasa digunakan oleh orang-orang, ponsel kini telah berubah menjadi alat yang multifungsi dan salah satu keuntungan banyak digunakan sebagai media atau alat belajar namun masih ada sedikit belajar aplikasi yang beredar di internet, terutama aplikasi berbasis pembelajaran huruf alfabet untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat aplikasi pembelajaran yang digunakan untuk memperkenalkan huruf alfabet untuk anak-anak dengan memaksimalkan perangkat mobile yang memiliki sistem operasi Android. Tahapan dalam pengembangan aplikasi ini adalah analisis masalah dan kebutuhan, aplikasi desain dan antarmuka aplikasi desain, Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pengenalan huruf pada sistem operasi Android yang diciptakan dapat menjadi salah satu aplikasi alternatif belajar untuk anak usia dini dalam memperkenalkan huruf alfabet dan dapat meningkatkan minat belajar karena fitur yang menarik bagi anak-anak seperti surat pengakuan dan bentuk berbasis gambar.

Kata kunci: mobile, android, abjad, belajar, gambar, suara


References


Permatasari, Annisa. 2014. bahan seminar,Pembangunan Aplikasi Mobile Geographic Information System Wisata Belanja Sumatera Barat. UNAND

Limau Manis Padang, Padang.

Putri, Ghea Fatma Dewi. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sd Berbasis Macromedia Flash. Jogjakarta : Universitas Negeri Jogjakarta.

Ramadhany Adinda, M. Hendra, Nyimas Artina, Willy. 2011. rancang bangun aplikasi pembelajaran Iqra berbasis android. Palembang : STMIK GI MDP.

Siswanto, andhi. 2012. Perancangan Alat Peraga 3D BelajarMengenal Macam – Macam Binatang Berbasis Augmented Reality (AR) di TK ABA 33 Semarang.Semarang :Universitas Dian Nuswantoro.

Mulyana, Eueung 2012, App Inventor : Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu, Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v7i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal SPIRIT




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.