PENERAPAN FINGERPRINT RECOGNITION DENGAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) DALAM AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM)

Teguh Arifianto

Abstract


Pengenalan sidik jari adalah salah satu teknologi biometrik yang telah banyak diaplikasikan dalam sistem keamanan selain pengenalan wajah, pengenalan iris mata, pengenalan DNA, dan sebagainya. Dalam aplikasinya sendiri pengenalan sidik jari menggunakan sebuah fingerptint reader untuk menangkap sidik jari seseorang kemudian dibandingkan dengan sidik jari yang sebelumnya telah disimpan di dalam database tertentu. Ada beberapa macam metode pengenalan sidik jari yaitu jaringan saraf tiruan, learning vector quantization, supprot vector machine, dan self organizing mapping.

Pengenalan dan klasifikasi dengan menerapkan Jaringan Saraf Tiruan (JST) mengelompokkan sidik jari ke salah satu pola sidik jari. Arsitektur JST yang digunakan adalah arsitektur jaringan Learning Vector Quantization (LVQ). Dari hasil pengamatan yang dilakukan didapatkan bahwa JST dengan menggunakan LVQ akan memiliki kemampuan komputasi yang lebih cepat bila dibandingkan dengan JST yang lainnya.

Secara garis besar proses dari aplikasi ini adalah fingerprint reader melakukan capture sidik jari, kemudian didapatkan sebuah nilai grayscale dari sidik jari. Dengan menggunakan pemrosesan awal, dilakukan resize dan histogram equalisasi untuk perataan cahaya. Metode euclidean distance digunakan untuk mencari jarak dengan data fitur yang telah didapat dan jarak terkecil adalah hasilnya. Hasil identifikasi ini yang akan diintegrasikan dengan mesin Automatic Teller Machine (ATM).

 Kata Kunci: sidik jari, jaringan saraf tiruan (JST), Learning Vector Quantization (LVQ), Automatic Teller Machine (ATM).



References


Terselubung, 2010, “Cara Kerja ATM Skimmer, Alat Untuk Pembobol ATM”.

Available at:http:// http://aamboyz.blogspot.co.id/2010/01/cara-kerja-atm-skimmer-alat-untuk.html

[Diakses pada 14 September 2017]

Bayu Setya, Hendriawan Akhmad, Susetyoko Ronny. “Penerapan Face Recognition Dengan Metode Eigenface Dalam Intelligent Home Security”. Tugas Akhir. Teknik Elektronika. ITS. 2008.

Novira, Ade Chopie. “Pengenalan Pola Sidikjari dengan Jaringan Syaraf Tiruan”. Skripsi. Teknik Elektro FT UGM. 2002.

Elvayandri. “Sistem Keamanan Akses Menggunakan Pola Sidik Jari Berbasis Jaringan Saraf Tiruan”. Projek Akhir. Keamanan Sistem Informasi. ITB. 2002.

Adi, Kusworo. “Ekstraksi Ciri Berbasis Filter Gabor Sebagai Sistem Verifikasi Sidikjari”. Tesis Magister. ITB. 2002.

Nugraha, M. Pasca. Tugas Makalah 1: “Kriptografi Pada Kejahatan Pembobolan ATM Di Indonesia”. Program Studi Teknik Informatika STEI ITB. 2010.

Harmuningtyas, Fila. “Penggunaan Metode Poincare Index Dalam Pendeteksian Letak Corepoit Pada Sidik Jari”. Skripsi. Teknik Informatika. Universitas Trunojoyo. 2011.

Fathoni, Zain. “Penggunaan Autentifikasi Sidik Jari untuk Pengamanan Transaksi ATM (Automated Teller Machine)”. Makalah Kriptografi. Teknik Informatika. 2011.

Minarni. 2004. “Klasifikasi Sidikjari Dengan Pemrosesan Awal Transformasi Wavelet”. Transmisi, Vol. 8, No. 2, Desember 2004 : 37 – 41




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v9i2.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal SPIRIT




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.