SINKRONISASI DATA SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI YANG TERINTEGRASI PADA PRIMAGAMA CABANG SIDOARJO

Kurniawan Wahyu Haryanto, Fahruddin Arrasyid Alfansuri, Saiful Bukhori

Abstract


Meningkatnya kebutuhan Sistem informasi dalam lembaga bimbingan belajar Primagama sangatlah dibutuhkan. Banyak bimbingan belajar primagama mulai mengembangkan sistem informasinya yang khususnya di bagian administrasinya. Tetapi sistem yang sudah ada belum bisa di integrasikan datanya, harus One by one setiap proses penginputan datanya.  Yang lebih lagi karyawan yang menjabat menjadi petugas administrasi cabang di primagama. Masih kesusahan dalam mengintegrasikan data. Tujuan penulis untuk merancang dan membangun sistem informasi administrasi yang terintergrasi. Metode yang digunakan dengan pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi pustaka. Serta metode pengembangan perangkat lunaknya dengan metode waterfall. Untuk integrasi datanya pada setiap proses penginputan data yang dikelola oleh petugas administrasi cabang primagama.

Kata kunci : sistem informasi, administrasi, integrasi.

 


References


Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), h. 2

www.primagama.co.id , profil primagama.

Purnama dian susan, Web Service Sebagai Solusi Integrasi Data Pada Sistem informasi akademik Universitas Bina Darma, Jurnal Imiah MATRIK Vol95. No12,April 2008:1 -20

Mugi Sugiarto dan Pelita Fajarhati. 2008, Implementasi Integrasi Data Antar Sistem Informasi Untuk Mendukung Decission Support System. Unit Sumber Daya Informasi Institut Teknologi Bandung. Jakarta : e-Indonesia Initiative

Patrick Ziegler, Klaus R. Dittrich. 2008. A Call for Personal Semantic Data Integration, Cancun, Mexico : In Workshop on Information Integration Methods, Architectures, and Systems (IIMAS 2008) (in conjunction with ICDE 2008)

Lenzerini, Maurizio. 2002. ”Data Integration: A Theoretical Perspective”.Roma : PODS.

Sutanda Edhy, Khabib Mustofa, Kebutuhan Web Service Untuk Sinkronisasi Data Antar Sistem Informasi dalam E-Gov di Pemkab Bantul Yogyakarta. JURTIK – STMIK BANDUNG (Edisi Mei 2002).




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v6i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal SPIRIT




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.