ANALISIS KAUSAL UNTUK JENIS LAYANAN INTERNETI-Direct PADA PT. TIGATRA KOMUNIKATAMA

Fahrobby Adnan, Asep Juarna

Abstract


Sebagai meningkatkan kualitas layanan, PT. Tigatra Komunikatama (3GNet) memerlukan informasi yang dapat memberikan solusi pada masalah yang sering keluhkan oleh pengguna. dibutuh sebuah analisis kausal untuk menemukan penyebab masalah sebagai alasan dasar untuk memecahkan dan menghindari masalah / kegagalan. FTA dan WBA adalah analisis kesalahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi akar masalah penyebab. Penulis Estimated Causal Analysis (ECA) untuk informasi lengkap dengan mengkonsolidasikan data dan informasi dari tim NS (Network Service), NO (Jaringan Operator), Engineer dan lokakarya tim dengan tujuan untuk menggali informasi lebih dalam untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik akar penyebab . Dari hasil analisis, diperoleh informasi ke akar penyebab keluhan pelanggan adalah yang paling mendominasi dan sering terjadi pada keluhan pelanggan melaporkan Januari periode 2012 hingga Desember 2012. Dari informasi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk menyarankan perbaikan kepada perusahaan. Kata kunci-3GNet, ECA, FTA, kausalitas, WBA.

Keywords—3GNet, ECA, FTA, causality, WBA.


References


P. B. Ladkin, Causal System Analysis Formal Reasoning About Safety and Failure. Document RVS-BK-01-01, -, 2001. Draft Version 2.0.

“Failure analysis method and tools.” [Online]. Available: http://www.aldservice.com/en/fracas/failur e-analysis-methods-and tools.html [Diakses 11 April 2013].

A. Tarigan, I. M. Wiryana, and P. B. Ladkin, “Why because analysis -metode analisis sistem kompleks,” tech. rep., Network and Distributed SystemWorking Group (RVS), Faculty of echnology, Bielefeld University, Germany, June 2002.

P. Clemens, “Fault tree analysis,” May 1993. [Online]. Available: http://www.fault-tree.net/papers/clemens fta-tutorial.pdf [Diakses 11 April 2013].

“Fault tree analysis training.” [Online]. Available: http://www.tdi.texas.gov/pubs/videoresource/stpfaulttree.pdf [Diakses 11 April 2013].

“Fault tree analysis sample case.” [Online]. Available: http://www.isixsigma.com/tools-templates/risk-managemen /using-fault-tree-analysis-improve-software-testing/ [Diakses 11 April 2013].

“3Gnet I-Direct” [Online]. Available: http://www.3g-net.net/idirect.php [Diakses 11 April 2013].




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v7i2.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Spirit




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.