RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENILAIAN PRESTASI KERJA GURU DAN PEGAWAI BERDASARKAN SASARAN KERJA PEGAWAI BERBASIS WEB (STUDI KASUS : MAN INSAN CENDEKIA PASURUAN)

Kurniawan Wahyu Haryanto, Muhamad Abdan Nafik2

Abstract


SDM yang kompeten merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk membuat sebuah organisasi untuk menjadi kreatif dan inovatif. Organisasi harus mengelola metode terbaik untuk mengembangkan dan memotivasi pegawai mereka, berkomunikasi penilaian kinerja dalam organisasi, membuat standar prosedur penilaian, dan menggunakan hasil untuk pengembangan sumber daya manusia. Saat ini MAN Insan Cendekia Pasuruan masih menggunakan cara manual dalam penilaian prestasi kerja PNS berdasarkan pembuatan Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Dari segi waktu, tenaga dan penyimpanan cara ini sangat tidak efisien, karena selain penulisan yang harus dilakukan berkali-kali, penyimpanan file yang berbentuk kertas pun membutuhkan tempat yang banyak dan tidak terintegrasi dengan baik. Jadi sudah menjadi kewajiban bagi organisasi agar selalu memastikan pegawai bekerja baik, kreatif, dan inovatif. Sedangkan penilaian prestasi kerja Pegawai merupakan sistem yang digunakan untuk menilai dan mengetahui apakah pegawau telah memahami dan melaksanakan pekerjaannya masing-masing secara keseluruhan (kemampuan kerja, disiplin kerja, hubungan kerja, kepemimpinan), dan hal-hal khusus sesuai dengan bidang dan level pekerjaan yang dijabatnya. Sistem Informasi Penialaian Prestasi kerja ini diharapkan dapat membantu dalam penginputan SKP dan perhitungannya. Penggunaan website yang dapat membantu menginputkan SKP dimana saja secara online, dan perhitungannya yang dilakukan secara otomatis, dan penyimpanan yang terintegrasi akan membuat sistem penilaian prestasi kerja pegawai lebih efektif dan efisien.

Keywords


Sistem Informasi, Penilaian Prestasi Kerja, Sasaran Kerja Pegawai, PNS, MAN IC

Full Text:

PDF

References


Fernando. Agripa, 2011. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dalam Organisasi Sektor Publik” Program Sarjana Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Moses L. Singgih, 2001. “Pengukuran dan Analisa Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard.

Nasution. 2012:118. Waterfall metode pengembangan sistem informasi yang bersifat sistematis dan sekuensial, artinya setiap tahapan dalam metode ini dilakukan secara berurutan dan berkelanjutan.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia, 2011.Nomor 46 , Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 1 Tahun 2013 Tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS

.

Roger S. Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak. ANDI. Yogyakarta

Rosidah, & Ambar Teguh. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rini Sovia dan Jimmy Febio. 2011. Membangun Aplikasi E-Library menggunakan HTML, PHP Script dan MySql Database. Padang: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. Vol. 3, No.1:2086-4981

JP, Rizky (2011:61). waterfall model sebagai salah satu teori dasar dan seakan wajib dipelajari dalam konteks siklus hidup perangkat lunak.

Tsabit, A.; Ramdhani, M. A.; Cahyana, R. Pengembangan Ganesha Digital Library Untuk Membuat Situs Jurnal. Algoritma. 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v14i2.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kurniawan Wahyu Haryanto, Muhamad Abdan Nafik2

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.