SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGETAHUI CACAT PRODUK PIPA

Teguh Pradana, Wahyu Adha Aprilianto Pradana

Abstract


 Kontrol kualitas adalah sistem verifikasi dan pemeliharaan / pemeliharaan tingkat yang diinginkan / tingkat kualitas produk atau proses dengan perencanaan yang cermat, penggunaan peralatan yang tepat, inspeksi berkelanjutan, dan tindakan korektif bilamana diperlukan. Dengan demikian hasil yang diperoleh dari kegiatan pengendalian kualitas ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas suatu produk dan memenuhi standar yang telah direncanakan / ditetapkan oleh pelanggan.

Proses produksi adalah kegiatan mengubah suatu produk (bahan baku) menjadi produk setengah jadi atau jadi yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi, dalam proses produksinya kemungkinan akan muncul produk cacat atau rusak yang tidak dapat dihindari (Gunawan, 2013).

Dalam penelitian ini objek penelitian adalah perusahaan pipa, peneliti akan masuk ke dalam ruang lingkup produksi perusahaan yang akan fokus pada sistem informasi kontrol kualitas untuk mengurangi cacat produk pada produksi pipa. Pada pipeline company terdapat masalah pada sistem penendaliaanya pada penyusunan laporan harian dan bulanan kualitas masalahnya adalah pada proses input secara manual menggunakan microsoft excel mengakibatkan ukuran kapasitas pengiriman pada ms excel menjadi besar, sehingga Dibutuhkan waktu yang lama untuk memproses pengerjaan, Dalam penelitin ini akan dibuat suatu sistem informasi yang dapat membuat proses pelaporan harian dan kualitas bulanan dapat terkomputerisasi, sehingga dapat menghemat waktu pengerjaan dan meminimalkan kapasitas penyimpanan data.

Setelah menganalisis, merancang dan menerapkan aplikasi sistem informasi kontrol kualitas untuk pipa produk cacat aplikasi sistem informasi kontrol kualitas untuk cacat produk pipa dapat memberikan informasi untuk manajemen PT. Matahari Putra Makmur sebagai bahan input yang berguna terutama untuk kesempurnaan dan pengembangan bisnis yang lebih baik. Manajemen PT. Matahari Putra Makmur dapat langsung melihat hasil produksi dan persentase penolakan setiap hari atau setiap bulan dari laporan tentang penerapan sistem informasi kontrol kualitas untuk produk pipa yang cacat. Dengan diagram pareto yang dapat mengurutkan data reject dari kiri ke kanan dalam urutan tertinggi ke peringkat terendah. Ini dapat membantu menemukan masalah yang paling penting dalam proses produksi untuk diselesaikan (peringkat tertinggi) sampai masalah tidak perlu diselesaikan (peringkat terendah). Diagram pareto juga dapat digunakan untuk mencari 20% cacat yang merupakan 80% cacat dalam seluruh proses produksi.

 

Kata Kunci: Kontrol kualitas, pareto, dialy reject, pipa pvc


References


Ambarningrum. 2008. Pengendalian Kualitas Statistik pada Proses Percetakan Koran Sore Wawasan Semarang. Skripsi. Semarang : Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang.

Andre. 2014. Pengertian Dan Fungsi Php Dalam Pemograman Web[online].Tersedia :http://www.duniailkom.com. Diakses pada 15 Desember 2017.

Irwan and Haryono, Didi. 2015. Pengendalian Kualitas Statistik. Bandung : Alfabeta,cv Ishikawa, K. 1998. Teknik Penuntun Pengendalian Mutu. Penerbit Mediyatama Sarana Perkasa.

Montgomery, D. C. 1990. Pengantar Pengendalian Kualitas. Ahli Bahasa: Zanzawi Soejati. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v11i1.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal SPIRIT




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.