SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PAKET MENU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DENGAN METODE MARKET BASKET ANALISIS PADA KINGS FOOD KENDARI
Abstract
Persaingan di dunia bisnis semakin canggih dengan kemajuan teknologi. Maka pengusaha harus mengembangkan strategi untuk meningkatkan penjualan. Pengusaha dapat menggunakan data penjualan untuk membuat keputusan. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat menyelesaikan masalah seperti menjual barang yang kurang optimal. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mewujudkannya adalah data mining. Berdasarkan dua parameter ini, data transaksi dan menu dapat diproses menggunakan disiplin data mining untuk mendapatkan informasi seperti rekomendasi paket menu. Teknik data mining adalah aturan asosiasi dengan algoritma apriori, untuk mengetahui pembelian produk seperti itu biasanya dilakukan oleh pelanggan. Setelah mengetahui pola pembelian konsumen, kita bisa mengatur strategi penjualan seperti membuat paket pembelian. Hasil yang diperoleh dari perhitungan metode apriori dengan analisis bola basket pasar, barang yang sering dibeli adalah, Bakso Ikan, Bakso Ikan Goreng, Pempek Palembang dengan dukungan 2,371541502% dan kepercayaan 40%.
Â
Kata kunci: Algoritma Apriori, Analisis Keranjang Pasar, Rule Association, Paket Menu.
Â
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
[ 1] There are no sources in the current document.Tana, M. P. (2018). Fakultas Teknik Informatika Universitas Widyagama Malang. Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analisis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko OASE Menggunakan Algoritma Apriori
Santoso, S. Rostianingsih, S,. & Setiawan, A. Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Perhotelan Pada Hotel Istana. Surabaya : Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra.
Indahyahni, R.P. (2015). Penggunaan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Rekomendasi Strategi Penjualan Pada Toko Toserba Diva. Kediri : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nusantara Guru Republik Indonesia.
Erawan, L., & Budiman, F. (2010). Perancangan Pasar Grosir Online Sebagai Sarana Memperluas Pemasaran Kelompok Usaha Kecil.
Indrajani,. & Wily. (2007). Analisis dan Perancangan System Penjualan Berbasis Web Pada PT. Sarang Imitas. Yogyakarta : Universitas Bina Nusantara
DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v11i1.119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal SPIRIT
Diindeks Oleh:
SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini
Diterbitkan oleh Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070 , Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Disini
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi 4.0 .