SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS DAN ANALISIS KEUANGAN PAYBACK PERIODE

Fachri Ayudi Fitrony, Fitri Marisa, Indra Darma Wijaya

Abstract


 Keuntungan dari hasil dalam upaya menjadi peternak ikan air tawar ini memang sangat besar disamping potensi budidaya air tawar yang semakin meningkat, hal ini disebabkan produksi sektor perikanan tangkap mendekati "overfishing". Budidaya air tawar memiliki beberapa alternatif ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, yaitu ikan mas, ikan mujair, ikan lele, ikan patin dan ikan gurame. Ikan alternatif ini memiliki karakteristik berbeda untuk setiap jenis budidaya. Karakteristik yang mempengaruhi proses budidaya ikan air tawar meliputi: faktor kesesuaian air meliputi: suhu, kecerahan, keasaman (pH) dan luas kolam Sementara pemilihan budidaya yang menguntungkan dapat dinilai dari faktor keuangan, yaitu: PBP (Pay Back Period). Sedangkan metode yang digunakan untuk pengambilan keputusan, yaitu Teknik Preferensi Pesanan dengan Kemiripan dengan Solusi Ideal (TOPSIS) sebagai salah satu model keputusan yang dapat digunakan untuk memberikan preferensi kepada pembudidaya ikan, karena alternatif yang dipilih tidak hanya memiliki jarak terdekat dari positif. solusi ideal tetapi juga jarak terpanjang dari solusi negatif ideal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan yang mempertimbangkan karakteristik lingkungan air dan payback period analisis keuangan dapat membantu petani ikan untuk menentukan jenis budidaya ikan air tawar yang akan dilakukan.

Kata kunci: SPK, Ikan Air Tawar, Periode Payback, TOPSIS.


References


Lumentut Dan Hartati. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR MENGGUNAKAN AF-TOPSIS” (2015).

Ghulam, Cholissodin dan Furqon. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK REKOMENDASI WIRAUSAHA MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS (Studi Kasus Kab. Probolinggo).

Fransdesker, Primaini dan Suhandi. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PAKAN TERBAIK IKAN LELE SANGKURIANG HEMAT BIAYA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (2015).

Sudarsono, Suciyono dan Riyan Hardianto . “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI GIRI TIRTA CIKALANG (2016).

Turban, E.dan dkk. “DECISION SUPPORT SYSTEMS AND INTELLIGENT SYSTEMS EDISI 7 JILID 1”, Andi, Yogyakarta(2005).

Muhammad,Z & Dkk. “EFEKTIVITAS PROGRAM PEMULIHAN MATA PENCAHARIAN (PAP) DI DESA BATUSARI KECAMATAN DAWUAN KABUPATEN SUBANG.”

Arifin. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL BEKAS MENGGUNAKAN METODE TOPSIS.” (2015).

AVIZA D and Turskis Z "A MULTIPLE CRITERIA DECISION SUPPORT SYSTEM FOR ANALYZING THE CORRELATION BETWEEN THE THICKNESS OF A THERMO-INSULATION LAYER AND ITS PAYBACK PERIOD OF THE EXTERNAL WALL" (2015).

Mallu. S " SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN KONTRAK MENJADI KARYAWAN TETAP MENGGUNAKAN METODE TOPSIS".(2015)

Julrahmatiyal Fajri's Blog “PAYBACK PERIOD DAN PENJELASANNYA” (posted 2014).

Magdalena.H." SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN MAHASISWA LULUSAN TERBAIK DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG"). (2012).

Walidain B dan Ardian. "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI DAN JURUSAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE TOPSIS" (2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v11i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal SPIRIT




 

 

Indexed By :



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.