IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN SANTRI BERPRESTASI DI PP.MANAARULHUDA DENGAN METODE CLUSTERING ALGORITMA K-MEANS

Hamdan Yuwafi, Fitri Marisa, Indra Darma Wijaya

Sari


Pesantren berasal dari dua kata, yaitu pondok dan pondok pesantren.Pondok berasal dari bahasa Arab "Funduq" yang berarti tempat tinggal, atau asrama. Sedangkan pesantren yang berasal dari bahasa Tamil, dari kata-kata santri, diawali dengan awalan pe dan akhiran -an yang berarti penuntut pengetahuan. Sedangkan pondok, masjid, kiai, santri, dan pembacaan buku-buku klasik adalah lima elemen dasar pesantren. Menurut Suryabrata (1990) prestasi belajar adalah evaluasi pendidikan yang dicapai oleh siswa setelah menjalani proses pendidikan formal dalam periode waktu tertentu dan hasilnya dalam bentuk angka. Hasil prestasi belajar dapat dinyatakan dalam bentuk rapor, NEM, skor STTB, indeks prestasi dll. Prestasi belajar yang dicapai oleh individu adalah hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam maupun dari luar individu. Dan metode yang digunakan untuk pengelompokan siswa adalah dengan menggunakan metode pengelompokan algoritma k-means sebagai salah satu model yang dapat digunakan untuk memberikan preferensi atau deskripsi kepada administrator dan pengasuh untuk mengelompokkan siswa berprestasi. Hasil penelitian adalah aplikasi untuk menentukan orang-orang yang berprestasi dengan kriteria nilai yang diperoleh dari rapor siswa.

Kata kunci: Pondok Pesantren, Prestasi, Clustering, K-MEANS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdilah, g., putra, f. A., & renaldi, f. (2016). Penerapan data mining pemakaian air pelanggan untuk menentukan klasifikasi potensi pemakaian air pelanggan baru di pdam tirta raharja menggunakan algoritma k-means. Sentika.

Asroni, Ronald, & Adrian. (2015). Penerapan metode k-means untuk clustering mahasiswa berdasarkan nilai akademik dengan weka interface studi kasus pada jurusan teknik informatika umm magelang. . Jurnal ilmiah semesta teknika, vol. 18, no. 1 76-82.

Herpendi. (2016). Aplikasi Pengelolaan Nilai Akademik Mahasiswa dan DPNA (Daftar Peserta dan Nilai Akhir). Jurnal Sains dan Teknologi Volume 2, Nomor 1, ISSN: 2460-173X.

Irowianto, Adepviarna, & Dewi. (2012). Aplikasi Pengelolaan Data Pencatatan Transaksi Pengiriman Barang pada PT Jantera Multi Sarana. IJCCS ISSN: 1978-1520.

Khairil, & Sudarsono, a. (2011). Sistem informasi data kredit konsumen repeat order pada pt adira quantum multifinance bengkulu. Jurnal media infotama vol. 7 no. 2 , 40.

Kotidjah, s. (2016). Perancangan database e-learning manajemen system untuk pembelajaran pada sekolah menengah pertama. Jurnal string vol. 1 no. 1 issn: 2527 – 9661, 66.

Muzakir, A. (2014). Analisa Dan Pemanfaatan Algoritma KMeans Clustering Pada Data Nilai Siswa Sebagai Penentuan Penerima Beasiswa. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), Yogyakarta.

Nuningsih, S. (2010). K-Means Clustering (Studi Kasus Pada Data Pengujian Kualitas Susu di Koperasi Peternakan BandungSelatan. Skripsi FPMIPA UPI, Bandung.

Rasim, Setiawan, w., & Rahman, e. F. (2008). Metodologi pembelajaran berbasis komputer dalam upaya menciptakan kultur pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi . Jurnal pendidikan teknologi informasi dan komunikasi volume 1, nomor 2, issn:1979-9264.

Rohmawati, N. (2015). Implementasi Algoritma K-Means dalam Pengklasteran Mahasiswa Pelamar Beasiswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Volume 1 no.1.

Wahid, A., & Rahardjo, M. D. (1995). Pesantren dengan Subkultur dan Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.

Wahyudi, j., & Utami, f. H. (2011). Sistem pakar diagnosa penyakit pada ayam dengan metode forward chaining. Jurnal media infotama vol. 7 no. 2 issn 1858 - 2680.

Yunior, R. A. (2002). Dalam Hubungan dukungan sosial dengan penyesuaian din pada remaja diperumahan. Fakultas Psikologi Universitas Yogyakarta.

Tampubollon, k., Saragih, h., & Reza, b. (2013). Implementasi data mining algoritma apriori pada sistem persediaan alat-alat kesehatan . Informasi dan teknologi ilmiah (inti) , volume 1 no 1.

Syah, M. (1995). Dalam Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, & Budi. (2007). Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ali, M. D., & Daud, H. (1995). Lembaga-Lembaga Islam Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daulay, H. P. (2001). Historitas Dan Eksistesi Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana .

Mark, Young, & B, W. d. (2000). Dalam Peran psikologi di Indonesia. Yogyakarta: Yayasan Pembina Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.:(LPPM):. STMIK YADIKA Bangil