SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM PENGKLASIFIKASIAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DI UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG

Misbahul Munir, Fitri Marisa, Dwi Purnomo

Sari


Abstract : Lembaga pendidikan khususnya universitas banyak sekali beasiswa yang ditawarkan kepada calon mahasiswa, pemberian beasiswa juga diberika kepada calon mahasiswa di univeristas widyagama malang yaitu berupa beasiswa unggul mulia, beberapa permasalahan yang sering terjadi misal proses seleksi yang tidak akurat karena banyaknya pendaftar yang harus sesuai dengan kriteria yang ada, sehingga proses menyeleksi membutuhkan ketelitian dan waktu maka hal ini tidak efektif. Aplikasi pendukung keputusan merupakan cara menangani masalah penentuan beasiswa di universitas tersebut. Aplikasi ini menggunakan (SAW) Simple Additive Weigthing.  dipilih karena metode ini menentuksn bobot dari setiap kriteria yang telah ditentukan kemudian dilanjutkan dengan proses normalisasi dan dilanjutkan dengan proses perangkingan untuk menyeleksi alternatif terbaik. Hasil penelitian ini berupa sistem penunjang keputusan dalam pengklasifikasian mahasiswa penerima beasiswa dengan metode simple additive weighting (SAW) di universitas widyagama malang berbasis desktop dengan hasil kriteria yang dipilih C1 nilai raport, C2 nilai ujian nasional, C3 nilai prestasi / minat bakat, C4 hafalan al-quran, C5 nilai tes tulis, C6 nilai tes interview, C7 penghasilan orang tua . Berdasarkan hasil penelitian dari aplikasi sistem penunjang keputusan dalam pengklasifikasian mahasiswa penerima beasiswa dengan metode simple additive weighting (SAW) ini memudahkan Universitas dibagian penerimaan mahasiswa baru untuk menentukan penerima beasiswa sesuai dengan kriteria yang ada, lebih cepat dan tepat sasaran sesuai yang diharapkan.

                         

Kata Kunci : Simple Additive Weighting, Beasiswa, Mahasiswa, Sistem penunjangan keputusan

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brady, (2011). EXPLORING THE USE OF ENTITY-RELATIONSHIP DIAGRAMMING AS A TECHNIQUE TO SUPPORT GROUNDED THEORY INQUIRY. Dalam Bradford, Emerald Group Publishing.

Donny, H. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BEASISWA DENGAN SAW. SURAKARTA: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Meriano, S. (2014). PENERAPAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHT) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMBERIAN BEASISWA PADA SMA NEGERI 1 CEPU JAWA TENGAH. Jurnal Ilmiah , 1-12.

Nahdiah 2010). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN CALON PENERIMA BEASISWA BBP-PPA MENGGUNAKAN METODE AHP-PROMETHEE I STUDI KASUS : FILKOM UNIVERSITAS BRAWIJAYA Vol 2 No 7 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,Malang

Pahlevy,(2011). RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PENERIMA BEASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPELE ADDITIVE WEIGHTING (SAW).

Savitha (2011). VERTICAL HANDOVER DECISION SCEMES USING SAW

AND WPM FOR NETWORK SELECTION IN HETEROGENEOUS WIRELESS NETWORK. GLOBAL

Journal of Computer Science and Technology, 11(9)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.:(LPPM):. STMIK YADIKA Bangil