RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KASIR PADA WARUNG “SATE & GULE BANG LUKMAN CABANG MALANG” BERBASIS WEB DENGAN METODE CUT OFF POINT

M. Noval Riswandha, Muhamad Muhamad Nadhif

Sari


 

Abstract : Penjualan adalah upaya terpadu untuk mengembangkan rencana strategis yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan pembeli untuk menghasilkan penjualan yang menguntungkan. Pembelian adalah salah satu fungsi penting dalam keberhasilan operasi suatu perusahaan. Fungsi ini dibebankan dengan tanggung jawab untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas bahan yang tersedia pada saat diperlukan dengan harga yang sesuai dengan harga yang berlaku. Masalah yang sering dijumpai dalam bisnis restoran / toko adalah tidak adanya sistem kasir, di mana dalam proses mulai dari pembelian, penjualan hingga laporan dilakukan secara manual. Dalam menanggulangi masalah tersebut diperlukan sistem jual beli yang dikemas dalam sistem yaitu sistem kasir. Metode Cut Off Point adalah pemetaan / pemisahan catatan transaksi saat ini untuk periode sebelumnya atau masa depan. Inspeksi awal dimaksudkan untuk memastikan bahwa transaksi yang tercatat pada tahun sebelumnya tidak termasuk dalam catatan tahun berikutnya. Tujuan cut-off bagi pemilik bisnis adalah untuk memeriksa apakah transaksi telah dicatat sesuai dengan tanggal / waktu dari batas yang ditentukan, sehingga catatan telah dibuat dalam periode akuntansi atau periode perhitungan yang tepat. Dimana laporan dapat digunakan oleh pemilik warung dalam membuat keputusan yang tepat dalam meningkatkan kualitas, penghasilan dan juga menentukan untung-rugi.

Penulis juga akan membuat aplikasi, yang diharapkan dapat bermanfaat dan diterapkan di Warung Sate & Gule Bang Lukman Cabang Malang dalam menghadapi masalah transaksi penjualan, pembelian atau persiapan laporan 

mendetail yang nantinya pemilik warung dapat dengan mudah menentukan untung - kerugian dalam menentukan keputusan manajemen.

 

Kata kunci: Penjualan & Pembelian SI, Laporan, Cut Off Point



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurlifa, Alfian, and Sri Kusumadewi. 2017. “Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky.”

Saputra, Dona; Agustinus Murdiyanto. 2015. “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajement Restoran Studi Kasus Pada Resto Bambo.” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (April).

Iriani, Yani. 2012. “PERANCANGAN PEMILIHAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI PT X.” 2012(Snati): 15–16.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.:(LPPM):. STMIK YADIKA Bangil