SISTEM PAKAR DIAGNOSA DINI PENYAKIT TYPHOID FEVER, DBD, DAN LIVER BERBASIS HASIL PEMERIKSAAN LABORATORIUM DARAH MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING

Yusron Rijal, Rachmat Rachmat Hidayah2

Sari


Abstract:.” Klinik adalah salah satu tempat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Klinik setiap hari selalu mencatat dan mengelola data pasien dan menyediakan layanan konsultasi pasien dengan dokter. Namun, konsultasi di klinik masih dianggap kurang baik, karena pencatatan manual yang menghambat waktu dalam memberikan layanan untuk perawatan dan konsultasi. Fasilitas di klinik juga memberikan pasien kesempatan untuk berkonsultasi dengan masalah penyakit tipus, DBD, dan hati. Namun ini dianggap kurang efektif dan memakan waktu karena banyak pasien yang ingin mencari pengobatan untuk pemeriksaan segera. Untuk memecahkan masalah tersebut diberikan solusi dengan pembangunan Sistem Pakar Diagnosis Awal Penyakit Demam Tifoid, DBD, dan Hasil Pemeriksaan Laboratorium Darah Berbasis Hati Menggunakan Forward Chaining. Dimana sistem ini diharapkan dapat membantu efektifitas dalam menangani konsultasi pasien dan tidak mengganggu waktu pasien yang antri agar pengobatan segera ditangani oleh dokter. Konsultasi pasien disediakan untuk memungkinkan pasien untuk dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan gejala penyakit tanpa harus datang ke klinik untuk mengantri dan dapat mencegah gejala dengan cepat. ”

 

Kata kunci: Sistem Pakar, Demam Tifoid, Demam Berdarah, Hati, Hasil Uji Laboratorium Darah, Forward Chaining, Berbasis Web.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anhar. 2010. PHP & MySql Secara Otodidak. Jakarta: PT TransMedia

Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakata: ANDI.

Betha Sidik, Pemograman Web dengan PHP, Penerbit Informatika 2007.

Darmawan, Deni dan Fauzi, Nur, Kunkun. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ditjen BUK Depkes RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI, 2010. p.41.

Dr. Hanim, Diffah Dra, Msi. et. al. 2013. Modul FIELD LAB PROGRAM PENGENDALIAN PENYAKIT MENULAR : DEMAM BERDARAH DENGUE.

Fathansyah, 2012, Basis Data, Bandung: Informatika.

Firmansyah Putra, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2011. Perancangan Sistem pakar identifikasi penyakit paru-paru menggunakan metode forward chaining.

Hendarwanto. Dengue, In : Noer HMS, Waspadji S, Rachman M, et al. Buku ajar Ilmu Penyakit Dalam edisi ke-3, Jakarta : Balai Penerbit FKUI 1996. p.417-26.

Inawati, Departemen Patologi Anatomi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Demam Tifoid.

Jogiyanto, 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta.

Kadir, A. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogakarta: ANDI.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nelwan RHH. Pilihan antimikroba dalam tatalaksana demam tifoid. Dalam Mansjoer A, Setiati S, Syam AF, Laksmi PW, editor. Naskah Lengkap Pertemuan Ilmiah Tahunan Penyakit Dalam 13. Jakarta: Pusat Penerbit Ilmu Penyakit dalam FKUI-RSCM, 2008. p.118-23.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


.:(LPPM):. STMIK YADIKA Bangil